Rahasia Burung Cikalang Yang Bisa Terbang Dengan Tidur

Publié le par Dodo

Burung adalah makhluk ciptaan Tuhan yang didapatkan kelebihan dapat melayangdi hawa. Riset membuka, burung juga mempunyai kelebihan lain, yaitu dapat tidur saat tengah terbang tanpa ada terjatuh serta menabrak. Riset itu dikhususkan pada burung Cikalang.

Cikalang yaitu burung laut yang umum diketemukan di selama lokasi samudra tropis serta subtropics. Cikalang bisa menggunakan saat berbulan-bulan diatas hawa tanpa ada pernah mendarat.

Ditulis dari national Geographic, beberapa ilmuwan juga penasaran bagaimana burung itu mampu bertahan demikian lama di hawa tanpa ada beristirahat. Untuk mengungkapnya, pada awal th. 2016, tim peneliti dari Max Planck Institute for Ornithology di Jerman menempatkan piranti pemantauan EEG untuk mengukur gelombang otak. Lalu peneliti melepas burung itu serta merekam data sepanjang 10 hari, sesaat burung itu terbang nonstop, kian lebih 3. 000 km.

Akhirnya begitu mengagetkan. Sepanjang siang hari, burung aktif mencari makan, tetapi saat matahari tenggelam, 1/2 belahan otak burung berpindah kedalam tidur gelombang lambat sepanjang sebagian menit sesaat mereka selalu terbang diatas air. Saat cuma 1/2 sisi otak yang tidur, suara burung bakal tidur dengan satu mata terbuka. Saat dalam keadaan ini, burung umumnya bakal terbang berputar ikuti arus hawa serta cuma buka mata mereka yang menghadap arah itu.

“Burung cikalang tetaplah buka matanya untuk berjaga-jaga untuk hindari tabrakan dengan burung lain, ” kata peneliti paling utama, Niels Rattenborg. Ketentuan dilarang tidur waktu menyetir nampaknya tidak berlaku untuk burung yang satu ini. Sebab, burung yang kerap di panggil Cikalang ini bisa tidur waktu terbang tanpa ada takut berlangsung tabrakan dengan burung yang lain. Bagaimana hal semacam ini dapat berlangsung?

Nyatanya burung Cikalang memiliki kekuatan terbang dengan mata tertutup. Tetapi, mata yang tertutup cuma satu serta sampingnya tetaplah terbuka supaya tidak bertabrakan dengan burung yang lain. Kekuatan ini di ketahui dari satu riset yang dikerjakan oleh ilmuwan bernama Niels Rattenborg. Lihat guys cara membedakan kacer jantan dan betina bagi kamu yang ingin tahu.

Ilmuwan yang datang dari Max Planck Institute for Onithology Jerman ini lakukan rangkaian riset pada awal th. 2016. Dia berbarengan timnya menempatkan piranti pemantau EEG di badan burung Cikalang untuk mengukur gelombang otak. Chekidot kawan cara membedakan tledekan jantan dan betina yang mudah dan aman.

Lalu, mereka melepas burung itu serta merekam datanya sepanjang 10 hari. Waktu riset berjalan, burung yang mempunyai nama lain Fregata ini tengah dalam kondisi terbang tanpa ada henti dengan jarak kian lebih 3. 000 Km. Lihat jaraknya yang begitu jauh, bikin kebanyakan orang bertanya-tanya, apakah burung Cikalang tak pernah tidur atau istirahat? Mau tahu aneka macam jenis kenari paling populer.

Pertanyaan itu dijawab dengan hasil riset yang cukup mengagetkan. Burung Cikalang sesungguhnya juga istirahat atau tidur waktu terbang. Burung laut ini mencari makan ikan pada siang hari serta tidur saat malam hari. Tetapi, seperti yang kami ungkapkan terlebih dulu, burung Cikalang tidur dengan menonaktifkan 1/2 belahan otaknya serta tutup samping matanya. Ada juga artikel terkait daftar harga kacer atau lebih detailnya harga kacer terbaru mulai dari anakan, trotolan hingga dewasa.

Jadi, kelihatannya burung Cikalang tak betul-betul tidur lantaran belahan otak yang lain dan samping matanya tetaplah terbuka untuk lihat arah waktu terbang, seperti yang diambil dari Sciencealert. “Burung Cikalang tetaplah buka matanya untuk hindari tabrakan dengan burung lain, ” tutur peneliti paling utama, Niels Rattenborg.

Lagian, burung Cikalang tidak pernah tidur sangat lama. Rata-rata dalam satu hari, burung Cikalang cuma tidur sepanjang 42 menit. Waktu-waktu yang lain dia pakai untuk mencari makan serta terbang mengarungi lautan berbarengan pasangan. Bersama simak harga cendet anakan dan juga harga prenjak dewasa gacor maksimal.

Bicara mengenai kekuatan burung yang dapat tidur waktu terbang, nyatanya ada hewan lain yang dapat juga lakukan hal sama. Hewan itu yaitu lumba-lumba. Ikan yang begitu cerdas ini bisa aktifkan samping otaknya waktu tidur untuk mengontrol pernafasan serta memonitor lokasi sekitaran terima kasih.

Publié dans News

Commenter cet article