Pemenang Kontes Burung Lovebird Setanah Air Kita

Publié le par Dodo

Keseriusan dalam pelihara serta mengerti dunia lovebird telah membawa hasil. Bahkan juga, dengan dibantu rekan-rekannya, Auful Kirom sukses membuat ramuan istimewa untuk bikin loverbird lebih trengginas.

BIBIR Kirom tampak ”mencucu”. Tangan kirinya membawa semprotan air. Sembari bersiul, tangan kanannya menjentikkan jari. Dia berupaya mencari perhatian lovebird kepunyaannya yang bernama Cintami. Waktu burung berwarna kuning itu telah terlihat tenang, Kirom mulai menyemprotkan air. Pagi itu memanglah jadi jadwal teratur Kirom untuk memandikan burung kesayangannya.

Supaya bulu-bulunya segera kering, burung itu dijemur dibawah hangatnya cahaya matahari pagi. Tak bisa sangat lama serta tak bisa sebentar. Mesti cocok. Umumnya sekitaran 2 jam telah cukup. ”Kalau tidak disemprot, burung dapat pula mandi sendiri. Kami siapkan cepuk (wadah kecil, Red) diisi air di kurungan. Kelak dia nyelup-nyelup sendiri, ” tutur Kirom di tempat tinggalnya, Desa Damarsih, RT 3, RW 01, Rabu (7/9).

Dia menerangkan, manfaat mandi untuk burung bukan sekedar bersihkan bulu. Tetapi, juga untuk menurunkan berahi. Bila burung berahi, tingkahnya jadi sangat aktif. Tak dapat diam. Ocehannya jadi tak teratur. Emosinya bertambah hingga condong menginginkan bertarung. Terlebih, waktu dijajarkan dengan burung lain di dekatnya. Adakalanya, berahi burung alami penurunan suara burung.

Umumnya, burung bakal diam serta tampak lemas didalam kurungan. Bila demikian, pemecahannya tidak susah. Tinggal dinaikkan saja berahinya dengan memberi makanan spesifik. Umpamanya, kangkung, jagung muda, serta kuaci. Kirom sendiri umum memberi makanan hasil racikannya berbarengan bebrapa rekanan sakti BC. Komposisinya terdiri atas milet putih, biji kenari, milet merah, gabah bangkok, serta sebagian rempah lain. Mari kawan lihat semua jenis murai batu dan juga download suara cipoh atau dikenal suara sirtu gacor berupa file mp3 suara cipoh untuk masteran.

”Makanan ini punya pengaruh banyak pada kwalitas burung. Karenanya, kami jual juga serta laris keras, ” tutur ayah satu anak itu. Menurutnya, perusahaan besar pernah menginginkan beli resepnya dengan harga mahal. Walau demikian, Kirom tidak ingin memberi. Makanan yang dimaksud ”ramuan sakti” itu tak diberikan dengan cara asal-asalan. Ada takarannya serta saat yang pas untuk diberikan pada lovebird.

Makanan itu sesuai dengan juga ciri-ciri burung. Waktu burung telah kembali aktif, ramuan sakti tidak butuh diberikan lagi. Makanannya cukup memakai milet putih. ”Pemilik yang telaten tentu tahu ciri-ciri burungnya. Terlebih, bila dirawat mulai sejak kecil, ” katanya. Lantaran ketelatenan melatih serta menjaga lovebird, banyak kontes yang dimenangkan Kirom. Sementara itu download suara jalak suren gratis dengan suara jalak suren gacor atau ambil file mp3 suara jalak suren terbaik.

Beberapa puluh piala saat ini menghiasi ruangan belakang tempat tinggalnya. Belum lagi, banyak medali serta sertifikat didalam almari. Beberapa puluh jumlahnya. ”Yang juara satu, dua, serta tiga umumnya piala atau medali, yang piagam umumnya bisa dari juara harapan, ” tuturnya. Cintami yaitu satu diantara lovebird juara. Diluar itu, Kirom masihlah mempunyai 16 lovebird lain yang telah mencapai prestasi. Dia bercerita, Cintami barusan ditawar pengagum burung Rp 40 juta.

Harga nya tinggi lantaran burung itu dapat mengoceh sepanjang 1 menit 28 detik tanpa ada jeda. Tetapi, dia masihlah belum ingin menjualnya. Karena prestasinya itu, Kirom saat ini kerap diundang ke beberapa daerah untuk sharing pengetahuan. Bahkan juga, hingga ke daerah Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Nama Kirom mulai di kenal diluar Pulau Jawa. Banyak yang mengontak Kirom untuk berkonsultasi. Tambahannya download suara tledekan atau lebih akrab suara tledekan gacor yang berupa mp3 suara tledakan terpopuler 2016.

”Kami umumnya memanglah berbagi informasi serta buka konsultasi gratis melalui Facebook di group community kicau mania sakti. Mereka dapat nanya bebas disana, namun masih tetap ada yang mengajak ketemuan segera, ” katanya lalu tersenyum lebar. Kekuatan Kirom dalam dunia lovebird memanglah telah mumpuni. Di satu diantara ruang dibagian belakang tempat tinggalnya, Kirom menernakkan burung berparuh bengkok itu.

Mulai menetaskan telur, menjaga burung anakan, sampai dapat mengoceh dengan baik. Dengan beternak sendiri seperti itu, dia dapat mengawal segera perkembangan burung sampai dewasa. ”Ini yang dimaksud kesetiaan pengetahuan perawatan, ” katanya.

 

Publié dans News

Pour être informé des derniers articles, inscrivez vous :

Commenter cet article