Virus Berbahaya Flu Burung Dapat di Cegah Dengan Tutorial Berikut

Publié le par Dodo

Baru-baru ini petugas dari Dinas Peternakan DKI Jakarta membasmi puluhan ekor unggas yang terindikasi virus flu burung di daerah Cilandak, Jakarta Selatan.

Penyakit flu burung atau influenza pada unggas (Avian Influenza/AI) adalah suatu penyakit zoonosis, atau penyakit hewan yang bisa menular ke manusia. Penyebabnya adalah,virus influenza tipe A dan ditularkan oleh unggas.

Gejala yang biasa timbul adalah demam (di atas 38 C), batuk (biasanya kering atau produktif dahak),sakit tenggorokan, nyeri otot, mual, muntah, diare, sakit kepala, nyeri sendi, lesu, sekresi hidung (pilek), insomnia, infeksi mata.

Pencegahan
Untuk mencegah penularan virus flu burung, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

1. Menggunakan masker dan sarung tangan ketika berdekatan dengan unggas, termasuk tempat pemeliharaannya.

2. Jarak antara tempat pemeliharaan unggas dengan pemukiman, minimal 25 meter.

3. Mencuci tangan, atau lebih baik mandi, setelah berdekatan atau memegang unggas.

4. Jangan menyentuh secara langsung unggas yang sudah mati, kotoran maupun jeroannya.

Disini kami juga menyediakan informasi seputar burung lengkap dengan suara burung yang berupa mp3 burung kemudian aneka jenis burung paling populer se Indonesia dan juga harga burung yang beredar dipasaran saat ini.

5. Bila membeli daging ayam, usahakan tanpa jeroan dan bagian sayap. Pada saat memasak daging ayam atau telurnya, hendaknya dipastikan panas api mencapai lebih dari 70C.

6. Cuci bersih tangan dan perabotan setelah memasak makanan dari unggas.

7. Hindari orang atau unggas yang terindikasi flu burung. Hubungi dinas kesehatan setempat jika Anda mencurigai ada orang atau unggas yang mati karena flu burung.

Sampai saat ini, vaksin untuk mencegah flu burung pada manusia, belum tersedia secara luas. Dikabarkan, pemerintah Amerika Serikat memiliki vaksin flu burung, tapi itupun tidak bisa mencegah semua jenis strain virus.

Pencegahan dengan cara memerhatikan sanitasi diri sendiri dan lingkungan, masih merupakan cara terbaik mencegah kita tertular flu burung.

Publié dans News

Commenter cet article